Recent News
Bagaimana Cara Mengolah Telur Yang Paling Sehat dan Enak Dimakan ?

Bagaimana Cara Mengolah Telur Yang Paling Sehat dan Enak Dimakan ? – Cara mengolah telur, salah satu makanan dengan dengan nutrisi yang luar biasa tetapi dengan harga yang relatif murah adalah telur.

Telur relatif rendah kalori dan mengandung nutrisi yaitu :

  • Vitamin
  • Mineral
  • Protein
  • Lemak sehat
  • Berbagai nutrisi lainnya
Bagaimana Cara Mengolah Telur Yang Paling Sehat dan Enak Dimakan
Enak dan sehat

Tapi ingat cara kita menyiapkan telur akan mempengaruhi kandungan nutrisinya. Telur sangat enak dan tergolong lauk yang serbaguna. Telur dapat dimasak dengan berbagai cara dan dapat dengan mudah di padukan dengan makanan sehat lainnya seperti sayuran.

Memasak telur juga dapat menghansurkan bakteri berbahaya, dan membuat telur lebih aman dikonsumsi. Berikut ini beberapa cara yang paling popular untuk mematangkan telur:

Direbus 

Telur rebus biasanya direbus dengan cangkangnya dalam air mendidih selama 6 – 10 menit tergantung seberapa matang kuning telur yang kamu inginkan. Semakin lama kamu merebusnya maka semakin padat kuningnya.

Direbus dengan suhu yang lebih rendah ( Poached ) 

Telur dipecahkan didalam air dan di rebus  dengan suhu yang sedikit lebih dingin sekitar 71 – 82 derajat celcius selama 2.5 – 3 menit.

Digoreng 

Telur dipecahkan diatas wajan yang dilapisi dengan sedikit minyak. Kamu dapat menatangkan salah satu sisi atau telur mata sapi. Tapi kalau kamu tak suka dapat mematangkan kedua sisinya.

Dipanggang

Telur dipanggang dalam oven panas dengan alas loyang samap itelur matang dan set.

Diorak arik 

Telur diaduk dalam mangkok kemudian diorak arik dalam wajan dengan api kecil sampai matang. Jangan lupa diberi sedikit minyak.

Dibuat omelet atau telur dadar 

Berbeda dengaa telur orak arik, telur dadar didadar dalam wajan tetapi tidak diaduk melainkan dibiarkan set dan matang kemudian dibalik sampai kedua sisinya matang.

Microwaved

Microwave dapat digunakan untuk memasak telur dengan berbagai cara. Car ini dapat mematangkan telur lebih cepat daripada memasak telur dengan kompor. Tapi ingat jangan mematangkan telur dengan microwave bersama cangkangnya karena tekanan yang tinggi dapat membuat telur meledak.

Mematangkan telur membuat berbagai nutrisinya lebih mudah dicerna dan aman dikonsumsi. Sebagai contohnya protein pada telur yang akan mudah dicerna jika telur sudah matang. Sebuah stuid menemukan bahwa protein pada telur yang sudah matang dapat diserap sebanyak 91 %, hanya 51 % protein pada telur bisa diserap jika telurnya mentah.

Telur juga merupakan sumber biotin sebagai nutrisi penting yang digunakan dalam metabolisme lemak dan gula. Biotin dikenal juga sebgai vitamin B7 atau vitamin H. Proses pematangan telur membuat boitin lebih mudah diserap sementara dala kondisi telur mentah biotin pada putih telur tidak dapat dicerna.

Jadi lebih baik konsumsi telur matang daripada telur mentah karena kandungan nutrisinya lebih mudah digunakan oleh tubuh kita.

BACA JUGA : ProArgi – 9 Plus Minuman Untuk Kesehatan, Kebugaran dan Awet Muda

 

News Reporter
Ibu seorang putri. Senang berbagi kebaikan dan memasak. Menjadi Agen Smart Detox karena ingin membantu semua orang untuk mendapatkan kesehatannya dengan mudah dan murah. Saya dapat dihubungi di nomor 0813-3757-6357 atau 081-856-1756

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!
Open chat
Perlu bantuan
Klik untuk konsultasi dan order